Delicious LinkedIn Facebook Twitter RSS Feed

Hacker Cina Serang Google

Beijing - Sejumlah dokumen rahasia Amerika Serikat yang bocor mengungkapkan jika sejumlah pejabat penting China meminta agar para hacker menyerang perusahaan Google. Demikian dilansir AP, Senin (6/12).

Pemimpin sebuah lembaga tinggi bernama Li Changchun dan kepala keamanan Zhou Yongkang di Politburo Standing Committee, sebuah komite tinggi Partai Komunitas China, meminta dilakukan hacking ke Google.

Hal ini terjadi setelah sejumlah hasil pencarian mesin pencari raksasa itu dianggap membahayakan posisi mereka berdua. Satu memo dikirim oleh Kedutaan Besar AS di Beijing ke Washington, dengan mengatakan seorang informan yang dipercaya mengatakan pemerintah China melakukan serangkaian serangan akhir tahun lalu ke Google di bawah perintah Politburo Standing Committee, sebuah komite tinggi Partai Komunitas China.

Hal rinci mengenai memo yang juga dikenal dengan sebutan percakapan diplomatik dalam bentuk kabel tak bisa diverifikasi kebenarannya. Namun, pemerintah China menolak memberikan komentar mengenai itu. Tetapi, jika hal itu benar maka maka kabel ini menunjukkan tekanan politik yang harus dihadapi Google ketika memutuskan menutup perusahaan mereka di China pada Maret lalu.

Kabel yang berisi serangan yang dilakukan terhadap Google dan dikategorikan sebagai rahasia oleh Kepala Misi Deputi Robert Goldberg dirilis oleh WikiLeaks. Dalam kabel itu tidak dijelaskan apakah Presiden China Hu Jintao dan Perdana Menteri Wen Jiabao tahu soal serangan itu.(*/dar) - Wartanews
Loading Search...

0 komentar:

Posting Komentar